Jumat, 30 Januari 2015

tips dan cara memasang karburator PE 28 ke satria fu




dunia ottomotif sekarang sudah sangat maju dan banyak ya ng mengingingkan tampilan motor lebih cakep dan performa motor lebih kencang, terutamapenunggang satria fu,
keinginan pemilik pun banyak yang kurang dengan performa satria fu , banyak akal untuk lebih membuat motor menjadi lebih bertenaga, caranya dengan mengganti karburator ori menjadi pe. disini saya akan mengulas dan mengutip dari mekanik internet untuk tips memasang karu pe ke satria fu.

Kebanyakan dari pemakai karbu Keihin PE28, mengeluhkan soal settingan, dan juga box filter udara standar yang tidak dapat lagi dipergunakan. Nah bagi pemakai karburator tipe ini, jangan keburu takut dengan kendala-kendala tersebut, Sebetulnya semua keluhan-keluhan itu bukan keluhan yang tidak dapat diatasi. Berikut ini cara memasang Keihin PE28 di Satria FU.

Instalasi
Memang betul kata kebanyakan orang, memasang karburator ke arah manifold mesin mudah, lain halnya dengan memasang bagian selang karet ke box filter udara, setengah mati pasangnya. Berikut caranya memasang karet filter ke karburator PE28:
  1. Cabut selang karet filter udara dari dudukannya di box, selang ini dilem, tarik saja pelan-pelan, jangan sampai sobek karetnya.
  2. Siapkan klem baru, karena diameter intake karburator Keihin ini agak berbeda jauh dengan karbu standard, model seperti klem pipa gas dengan diameter 2.5" bisa digunakan.
  3. Lumuri karet filter dan intake karburator dengan oli.
  4. Tempatkan karburator dengan intake menghadap ke atas.
  5. Masukkan klem ke slang karet.
  6. Pasang selang karet ke intake, kencangkan klem begitu selang telah terpasang seluruhnya.
  7. Install karburator ke manifold.
  8. Lem kembali slang intake ke box filter udara.
  9. Kencangkan semua klem.
Tips:

  • Untuk memasang selang vakum ke kran bensin, gunakan selang pernapasan  yang diberikan bersama karburator nya, untuk memperkecil diameternya, ke dalam selang dimasukkan selang oli samping yang diameternya lebih kecil, selang kecil ini dilem dengan superglue, lalu potong kelebihan selang.
  • Kabel gas, kabel gas harus diganti karena bentuk nepel yang berbeda dengan orisinil Satria. Kabel gas bisa coba menggunakan milik Shogun.
  • Untuk slang intake, lebih enak potong slang orisinil, sambung dengan slang intake punya Suzuki RGR agar mudah untuk bongkar pasang.

Jet
Main jet bawaan karburator (#152) jelas terlalu besar untuk Satria FU, Coba ukuran 115/118/120. Saran menggunakan 118 saja agar power keluar namun tetap mempertahankan konsumsi bahan bakar.
Pilot jet bawaan (#42) sebetulnya bisa digunakan, hanya menyetel angin-angin nya agak jauh. Agar settingnya tidak jauh coba gunakan ukuran 38.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar