Kamis, 05 Maret 2015

PENGERTIAN SYMBOL GRAPHICT,MOVECLIP DAN BUTTON dan TURITORIAL MEMBUATNYA



Kali ini oemah keong project 864 menggunakan aplikasi  macromedia flash versi 8 
Perlu di ketahui dulu sebelum masuk ke turitorialnya, apa pengertian dari symbol-symbol ini .
Type symbol dalam flash ada terdiri dari :
Symbol Graphic adalah sebuah gambar statis yang dapat digunakan berulangkali dalam

pembuatan  animasi.  Suara  dan  animasi  yang  disimpan dalam  bentuk  graphic tidak  akan
berjalan.
Symbol  MovieClip  adalah  sebuah  gambar  dinamis  yang  dapat  digunakan
berulangkali  dalam  pembuatan  animasi.  Suara  dan  animasi  yang  disimpan  dalam
bentuk  movieclip  dapat  berjalan  secara  terus  menerus.  Di  dalamnya  dapat  berupa
gabungan movieclip, button dan graphic

Symbol Button adalah sebuah tombol yang interaktif untuk menanggapi dari aktifitas
mouse  seperti mouse clicks, rollovers atau aksi mouse yang lain.

Disini saya akan membuat turitorial cara-cara membuat Graphic  , MoveClip , dan Button.
Berikut turitoarialnya.

1.      Membuat Grapict dalam MacroMedia Flash versi 8.

a.       Membuat symbol graphic dengan import file dalam PC.
1.       Cara  yang paling pertama adalah membuka aplikasinya dulu. Karena berbeda versi akan beda tampilan awal juga. Di dalam versi 8.0 tampilan awalnya seperti di bawah ini.
Pilih flash document ,lalu project kosong dimulai
2.       Lalu untuk memulai dengan membuat graphic mengklik insert-> new symbol -> (ganti nama symbol di kolom “name” dengan “pohon”, lalu pada kolom type pilih graphic . lalu klik OK.
3.       Lalu untuk import file gambarnya yaitu dengan cara klik file -> import -> import to stage -> (lalu pilih file gambar nya file yang akan di import , lalu klik OK.

Maka hasilnya akan seperti di bawah ini.



b.      Menggambar dengan  aplikasi macromedia flash player

Kali ini saya akan membuat graphic dengan menggambar di dalam macromedia flash .
1.       Dengan cara seperti tadi yaitu mengklik insert-> new symbol -> (ganti nama symbol di kolom “name” dengan “batu”, lalu pada kolom type pilih graphic . lalu klik OK.


2.       Lalu pilih oval tool untuk mengggambar batu agar menghasilkan batu yang sempurna . lalu pilih stroke color dan fill color pilih yang warna abu-abu

3.       Kemudian mulai menggambar  dengan bulatan bulatan oval sehingga menyerupai bentuk batu .

4.       Maka akan hasilnya seperti di bawah ini.

5.       Lalu menggambar lagi  sesuai cara di atas dengan nama “awan” Dengan cara seperti tadi yaitu mengklik insert-> new symbol -> (ganti nama symbol di kolom “name” dengan “awan”, lalu pada kolom type pilih graphic . lalu klik OK
6.       gambar menggunakan brush tool, gambar sesuai bayangan awan . dan hasilnya kurang lebih seperti di bawah ini.




2.       Membuat MoveClip menggunakan Macromedia Flash versi 8.0



a.       Membuat animasi kincir angin dari MacroMedia Flash
1.       Langkah awal yaitu memulai project dengan membuka kosong / new project.
Pilih flash document ,lalu project kosong dimulai

2.       Lalu untuk memulai dengan membuat graphic mengklik insert-> new symbol -> (ganti nama symbol di kolom “name” dengan “kincir angin”, lalu pada kolom type pilih MoveClip, lalu klik OK.

3.       Mulai dengan mengggambar kincir angin sesuai bayangan kita menggunakan tools yang ada di dalam tool bar, kurang lebihnya prosesnya  seperti gambar di bawah ini

4.       Buat gambaran kincir angin sesuai imajinasi dan jangan lupa center rool selalu posisikan di tengah lingkaran biru agar tidak salah nanti dalam proses memutar kincir angin tersebut dengan cara menggeser dengan men’drag pada tombol selection tool.
5.       Mulai pada timeline bar, saya mencontohkan dengan frame no 55, dengan cara klik kanan pada frame 55-> insert keyframe

6.       Lalu pada frame no 25 klik kanan -> create motion tween. Maka akan muncul garis di antara frame 1  sampai 55.

7.       Untuk menggerakan kincir angin klik pada frame 55 -> pilih pada tool bar yaitu free transform tool.

Lalu putar kincir angin pada stage seperti gambar di bawah ini
8.       Jika sudah maka lanjut untuk membuat tiang dengan klik insert -> timeline-> layers
Lalu gambar tiang untuk kincir angin tersebut . dan kurang lebihnya hasilnya seperti di bawah ini.
Jika sudah lalu klik scene 1 seperti gambar di bawah.

Maka tinggal melihat hasilnya bahwa kincir akan memutar dengan tekan CTRL+ ENTER

b. Membuat animasi awan berjalan menggunakan macromedia flash versi 8.0
Cara yang digunakan pada tutorial ini sama saja dengan membuat kincir di atas , hanya saja jika kincir nya berputar beda dengan awan ini berjalan.
1.       Langkah awal yaitu memulai project dengan membuka kosong / new project.
Pilih flash document ,lalu project kosong dimulai

2.       Lalu untuk memulai dengan membuat graphic mengklik insert-> new symbol -> (ganti nama symbol di kolom “name” dengan “awan”, lalu pada kolom type pilih MoveClip, lalu klik OK.
3.       Mulai dengan mengggambar awan sesuai bayangan kita menggunakan tools yang ada di dalam tool bar, kurang lebihnya prosesnya  seperti gambar di bawah ini
4.       Proses menjalankan awan sama saja turitorial yang ada pada kincir angin di atas di nomor 5 dan 6, untuk memindah awan nya pada frame  nomor 55 pindah awan menggeser ke kanan secukupnya.
Jika sudah lalu klik scene 1 seperti gambar di bawah.

Maka tinggal melihat hasilnya bahwa awan akan berjalan dengan tekan CTRL+ ENTER

c. Membuat tombol / botton pada MacroMedia Flash versi 8.0
Kali ini saya akan membuat botten menggunkan macromedia flash versi 8.0. cara ini mudah dilakukan sebenernya ,hanya kita butuh ketelitian saja.
1.       Langkah awal yaitu memulai project dengan membuka kosong / new project.

Pilih flash document ,lalu project kosong dimulai

2.       Lalu untuk memulai dengan membuat graphic mengklik insert-> new symbol -> (ganti nama symbol di kolom “name” dengan “botten”, lalu pada kolom type pilih botton, lalu klik OK.
3.       Klik dahulu up pada menu scene,Lalu memulai dengan menggambar booten dengan rectangle tool (R) ->lalu gambar rectangle di stage. Berikutnya menulis font dengan text tool .


4.       Tadi sudah memilih up pada menu scene,sekarang lanjut menganti warna pada over menu scene,klik kanan lalu insert keyframe, pilih satu persatu lalu ganti warna sesuai gambar di bawah ini,

5.       dan selanjutnya pada down menu scene sama seperti di atas dengan mengganti warnanya.

Jika sudah semua maka kita lanjut dengan menambah botton lagi sesuai keinginan kita dan caranya sama persis seperti turitorial di atas, kita hanya perlu menambah layers pada setiap bottonnya, dengan cara klik insert -> timeline -> layers.
Lalu Jika sudah lalu klik scene 1 seperti gambar di bawah.

Maka tinggal melihat hasilnya bahwa botton suah bisa digunakan dengan tekan CTRL+ ENTER


Tidak ada komentar:

Posting Komentar