Kali ini oemah keong project 864 menggunakan aplikasi macromedia flash versi 8
Perlu di ketahui dulu sebelum masuk ke turitorialnya, apa
pengertian dari symbol-symbol ini .
Type symbol dalam flash ada terdiri dari :
Symbol Graphic
adalah sebuah gambar statis yang dapat digunakan berulangkali dalam
pembuatan
animasi. Suara dan
animasi yang disimpan dalam bentuk
graphic tidak akan
berjalan.
Symbol MovieClip
adalah sebuah gambar
dinamis yang dapat
digunakan
berulangkali
dalam pembuatan animasi.
Suara dan animasi
yang disimpan dalam
bentuk movieclip dapat
berjalan secara terus
menerus. Di dalamnya
dapat berupa
gabungan movieclip, button dan graphic
Symbol Button
adalah sebuah tombol yang interaktif untuk menanggapi dari aktifitas
mouse seperti mouse
clicks, rollovers atau aksi mouse yang lain.
Disini saya akan membuat turitorial cara-cara membuat
Graphic , MoveClip , dan Button.
Berikut turitoarialnya.
1.
Membuat Grapict
dalam MacroMedia Flash versi 8.
a. Membuat symbol graphic dengan import file
dalam PC.
1.
Cara yang
paling pertama adalah membuka aplikasinya dulu. Karena berbeda versi akan beda
tampilan awal juga. Di dalam versi 8.0 tampilan awalnya seperti di bawah ini.
Pilih flash
document ,lalu project kosong dimulai
2.
Lalu untuk memulai dengan membuat graphic
mengklik insert-> new symbol -> (ganti
nama symbol di kolom “name” dengan “pohon”, lalu pada kolom type pilih graphic . lalu klik OK.
3.
Lalu untuk import file gambarnya yaitu dengan
cara klik file -> import -> import
to stage -> (lalu pilih file gambar nya file yang akan di import , lalu
klik OK.
Maka hasilnya akan seperti di bawah ini.
b. Menggambar dengan aplikasi macromedia flash player
Kali ini saya akan membuat graphic dengan
menggambar di dalam macromedia flash .
1.
Dengan cara seperti tadi yaitu mengklik insert-> new symbol -> (ganti
nama symbol di kolom “name” dengan “batu”, lalu pada kolom type pilih graphic . lalu klik OK.
2.
Lalu pilih oval tool untuk mengggambar batu agar
menghasilkan batu yang sempurna . lalu pilih stroke color dan fill color pilih
yang warna abu-abu
3.
Kemudian mulai menggambar dengan bulatan bulatan oval sehingga
menyerupai bentuk batu .
4.
Maka akan hasilnya seperti di bawah ini.
5.
Lalu menggambar lagi sesuai cara di atas dengan nama “awan” Dengan cara seperti tadi yaitu
mengklik insert-> new symbol -> (ganti
nama symbol di kolom “name” dengan “awan”, lalu pada kolom type pilih graphic . lalu klik OK
6.
gambar menggunakan brush tool, gambar sesuai bayangan awan . dan hasilnya kurang lebih
seperti di bawah ini.
2.
Membuat
MoveClip menggunakan Macromedia Flash versi 8.0
a. Membuat animasi kincir angin dari
MacroMedia Flash
1.
Langkah awal yaitu memulai project dengan
membuka kosong / new project.
Pilih flash document ,lalu
project kosong dimulai
2.
Lalu untuk memulai dengan membuat graphic
mengklik insert-> new symbol -> (ganti
nama symbol di kolom “name” dengan “kincir angin”, lalu pada kolom type pilih MoveClip, lalu klik OK.
3.
Mulai dengan mengggambar kincir angin sesuai
bayangan kita menggunakan tools yang ada di dalam tool bar, kurang lebihnya prosesnya
seperti gambar di bawah ini
4.
Buat gambaran kincir angin sesuai imajinasi dan
jangan lupa center rool selalu
posisikan di tengah lingkaran biru agar tidak salah nanti dalam proses memutar
kincir angin tersebut dengan cara menggeser dengan men’drag pada tombol selection
tool.
5.
Mulai pada timeline bar, saya mencontohkan
dengan frame no 55, dengan cara klik kanan
pada frame 55-> insert keyframe
6.
Lalu pada frame
no 25 klik kanan -> create motion
tween. Maka akan muncul garis di antara frame 1 sampai 55.
7.
Untuk menggerakan kincir angin klik pada frame 55 -> pilih pada tool bar yaitu free transform tool.
Lalu putar kincir angin pada stage seperti gambar di bawah ini
8.
Jika sudah maka lanjut untuk membuat tiang
dengan klik insert -> timeline->
layers
Lalu gambar tiang untuk kincir angin tersebut . dan kurang lebihnya
hasilnya seperti di bawah ini.
Jika sudah lalu klik scene 1 seperti gambar di bawah.
Maka tinggal melihat hasilnya bahwa kincir
akan memutar dengan tekan CTRL+ ENTER
b. Membuat
animasi awan berjalan menggunakan macromedia flash versi 8.0
Cara yang digunakan pada tutorial ini sama saja dengan membuat kincir di
atas , hanya saja jika kincir nya berputar beda dengan awan ini berjalan.
1.
Langkah awal yaitu memulai project dengan
membuka kosong / new project.
Pilih flash document ,lalu
project kosong dimulai
2.
Lalu untuk memulai dengan membuat graphic
mengklik insert-> new symbol -> (ganti
nama symbol di kolom “name” dengan “awan”, lalu pada kolom type pilih MoveClip, lalu klik OK.
3.
Mulai dengan mengggambar awan sesuai
bayangan kita menggunakan tools yang ada di dalam tool bar, kurang lebihnya prosesnya
seperti gambar di bawah ini
4.
Proses menjalankan awan sama saja turitorial
yang ada pada kincir angin di atas di nomor 5 dan 6, untuk memindah awan nya
pada frame nomor 55 pindah awan
menggeser ke kanan secukupnya.
Jika sudah lalu klik scene 1
seperti gambar di bawah.
Maka tinggal melihat hasilnya bahwa awan
akan berjalan dengan tekan CTRL+ ENTER
c. Membuat tombol / botton pada MacroMedia Flash versi 8.0
Kali ini saya akan membuat botten
menggunkan macromedia flash versi 8.0. cara ini mudah dilakukan sebenernya
,hanya kita butuh ketelitian saja.
1.
Langkah awal yaitu memulai project dengan membuka
kosong / new project.
Pilih flash document ,lalu
project kosong dimulai
2.
Lalu untuk memulai dengan membuat graphic
mengklik insert-> new symbol -> (ganti
nama symbol di kolom “name” dengan “botten”, lalu pada kolom type pilih botton, lalu klik OK.
3. Klik
dahulu up pada menu scene,Lalu memulai dengan menggambar booten dengan rectangle tool (R) ->lalu gambar rectangle
di stage. Berikutnya menulis font dengan text tool .
4. Tadi
sudah memilih up pada menu
scene,sekarang lanjut menganti warna pada over
menu scene,klik kanan lalu insert keyframe, pilih satu persatu
lalu ganti warna sesuai gambar di bawah ini,
5. dan
selanjutnya pada down menu scene
sama seperti di atas dengan mengganti warnanya.
Jika sudah semua maka kita lanjut dengan
menambah botton lagi sesuai keinginan kita dan caranya sama persis seperti
turitorial di atas, kita hanya perlu menambah layers pada setiap bottonnya,
dengan cara klik insert -> timeline
-> layers.
Lalu Jika sudah lalu klik scene 1
seperti gambar di bawah.
Maka tinggal melihat hasilnya bahwa botton
suah bisa digunakan dengan tekan CTRL+
ENTER
sekian dari saya, semoga bermanfaat :)
baca juga :
baca juga :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar